DaerahPeristiwa

Dukung Solidaritas Untuk Palestina, Umat Islam Bandung Raya Gelar Aksi Teatrikal , Boikot Produk Pro Israel!

Dukung Solidaritas Untuk Palestina, Umat Islam Bandung Raya Gelar Aksi Teatrikal , Boikot Produk Pro Israel!

Dukung Solidaritas Untuk Palestina, Umat Islam Bandung Raya Gelar Aksi Teatrikal , Boikot Produk Pro Israel!

 

Bandung, 30 Maret 2024

 

Hari ini Sabtu (30/3/2024) Umat Islam Bandung Raya mengelar aksi solidaritas untuk Palestina. Aksi yang diikuti ratusan orang tersebut digelar di Taman Dago Cikapayang, Jl. Ir. H. Juanda No.79, Kota Bandung.

Berdasarkan pantauan redaksi persuasi.id aksi yang bertajuk. Dukung Solidaritas Untuk Palestina, Boikot Produk Pro Israel tersebut dimulai pada jam 15:00 wib

 

 

Dalam aksinya, massa membawa Bendera Indonesia dan Palestina⁣⁣⁣⁣⁣, spanduk,poster yang berisi ajakan untuk memboikot produk pro israel.

 

 

 

 

 

 

 

Ratusan massa melakukan longmarch kedepan Starbucks di BIP bandung, sejumlah perwakilan massa melakukan orasi serta di lanjutkan aksi teatrikal.

Sejumlah tokoh menyampaikan orasi diantaranya, ustadz budiman (MUI pusat), ibu yulia (emak-emak milenial), pak ahsan (Gerakan Reformis Islam),dll.

 

 

Dalam Aksi Teatrikal Solidaritas Palestina, Boikot Produk Pro Israel itu,
Massa Membentangkan spanduk sepanjang 30 meter diatas flyover jembatan pasupati sepanjang 30 meter kiri kanan sebagai pesan kepada masyarakat Bandung khususnya Indonesia pada umumnya untuk terus boikot produk-produk pro Zionis israel Laknatullah.

 

 

selain itu aksi massa berbaring sebagai merepresentasikan jasad Rakyat Palestina di Gaza.

 

 

 

 

 

Terkait aksi tersebut, Sejumlah element yakni PEMBELA AHLUSSUNAH (PASS) dan ASHABUR RIBATH (ASBATH) Beserta Elemen Masyarakat dan Harokah, Ormas Dan Komunitas Jawa Barat yaitu: Dewan Dakwah Islamiyyah Jawa Barat, Wahdah Islamiyyah Jawa Barat, BARKIN, Jundulloh Annas, Jawara Sunda, FORMASI, ACL, PPNKRI, KORNI, AGAP, LAU Anshorulloh, GARIS, BARADA, Pemuda Istiqomah dan Majlis Emak-Emak Jabar menyampaikan pernyataan sikap mereka.

 

بِسْمِاللَّـهِالرَّحْمَـٰنِالرَّحِيمِ

أُذِنَلِلَّذِينَيُقَاتَلُونَبِأَنَّهُمْظُلِمُوا وَإِنَّّللاََّعَلَىٰنَصْرِهِمْلَقَدِي ر﴾

 

Diizinkan (berperang) kepada orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka dizalimi. Dan
sungguh, Allah Mahakuasa menolong mereka itu. (QS. Al-Hajj: 39).

Meski sudah keluar desakan dari internasional melalui Dewan Keamanan PBB yang mengeluarkan
resolusi pertamanya yang menyerukan untuk melaksanakan “gencatan senjata segera” dan meminta pembebasan sandera, namun hal tersebut tidak menghentikan Israel untuk memborbardir Gaza bagian selatan, sehingga dalam sehari serangan korban mencapai 66 orang rakyat sipil, sungguh biadab perlakuan bangsa kera ini, dan sedikitpun tidak menaruh hormat terhadap masyarakat dunia yang memintanya untuk segera gencatan senjata.

Korban tewas akibat serangan Israel di Palestina terus bertambah. Kementerian Kesehatan di Gaza
mengatakan setidaknya 32.226 orang telah tewas selama lebih dari lima bulan perang Israel dan
Hamas. Dilansir AFP dan Al Arabiya, Minggu (24/3/2024), berdasarkan pernyataan Kementerian Kesehatan, jumlah korban tersebut mencakup sedikitnya 84 orang tewas dalam 24 jam terakhir. Selain itu 74.518 orang terluka di Jalur Gaza sejak 7 Oktober (sumber;detik.com).

Hal ini menjadi perhatian kita untuk mengambil tindakan nyata sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan berupa aksi yang di inisiasi oleh Pembela Ahlus Sunnah (PASS) dan sayap juangnya Ashabur Ribath (ASBATH) dan juga di support oleh beberapa Ormas, Harokah dan Komunitas yang ada di Jawa Barat.

Kami bersyukur bahwa pada bulan Ramadhan kali ini MUI telah mengeluarkan IRSYADAT (Petunjuk)
MUI Ramadhan 1445 H yang memuat 5 poin penting yaitu:

1. Aksi genosida yang dilakukan Israel dan pendukungnya terhadap bangsa Palestina merupakan kejahatan perang dan pelanggaran HAM berat. Maka, MUI menyeru kepada seluruh bangsa Indonesia dan masyarakat dunia untuk terus memperjuangkan kemerdekaan Palestina dan menghentikan aksi genosida Israel terhadap Palestina.

2. Umat Islam sedunia adalah ibarat satu tubuh. Maka, MUI mengajak umat Islam seluruh dunia dan masyarakat dunia lainnya untuk bersama-sama membasuh luka Palestina melalui semua jalur potensial, baik diplomasi politik, ekonomi, maupun kebudayaan.

3. Menyeru umat Islam agar mulai bulan Ramadhan ini untuk tidak menggunakan lagi produk yang diproduksi oleh perusahaan yang terafiliasi dengan Israel dan pendukungnya, seperti produk kebutuhan konsumsi sahur, berbuka puasa, dan barang hantaran Lebaran (hampers) maupun produk-produk lainnya.

4. Mendorong seluruh masyarakat untuk beralih menggunakan produk dalam negeri yang tidak terafiliasi dengan Israel dan pendukungnya, sebagai bentuk ajaran cinta tanah air
bagian dari iman (hubbul wathan minal iman), maupun memilih produk Palestina yang telah beredar di pasar Indonesia, apalagi Indonesia dan Palestina telah menandatangani
perjanjian perdagangan mengenai tarif preferensi dimana terdapat 61 produk Palestina yang menikmati tarif 0 persen, meliputi antara lain kacang-kacangan, baut mesin, sabun,
keramik dan rempah-rempah.

5. Mengimbau umat Islam dan seluruh masyarakat untuk terus berdoa untuk keselamatan bangsa Palestina dan menyisihkan sebagian rezekinya untuk berdonasi kepada saudara-saudara di Palestina.

Atas dasar itu kami Pembela Ahlus Sunnah (PASS) dan Ashabur Ribath (ASBATH) beserta elemen masyarakat dan Harokah, Ormas Dan Komunitas Jawa Barat yaitu: Dewan Dakwah Islamiyyah Jawa Barat, Wahdah Islamiyyah Jawa Barat, BARKIN,Jundulloh Annas, Jawara Sunda, FORMASI, ACL,PPNKRI, KORNI, AGAP, LAU Anshorulloh, GARIS,BARADA, Pemuda Istiqomah, Majlis Emak-Emak Jabar.

Dalam rangka mensuport keteguhan rakyat Palestina di Jalur Gaza serta mendukung perlawanan mereka yang gagah berani dan terhormat, dan sebagai bagian dari respons terhadap pembantaian yang dilakukan oleh zionis Israel, maka kami menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Mendukung sepenuhnya IRSYADAT MUI RAMADHAN 1445 H.

2. Meminta kepada kaum muslimin di Indonesia untuk terus melaksanakan ikhtiar maksimal dalam mendukung Palestina dengan berdoa terutama di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan untuk kemerdekaan Palestina dan kehancuran bagi Israel.

3. Meminta kepada seluruh rakyat Indonesia khusunya kaum Muslimin untuk terus melakukan Aksi dan Kampanye Boikot terhadap Israel dan produk-produk yang berafiliasi kepada penjajah Israel baik secara langsung maupun tidak langsung.

4. Meminta Pemerintah Indonesia untuk berperan aktif mendukung dan segera mendeklarasikan kemerdekaan Palestina.

5. Mendesak kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Perdagangan Republik Indonesia (KEMENDAG RI) untuk mencabut izin operasional perusahaan/gerai yang
mendukung agresi Israel beserta para sekutunya.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat, semoga Allah Jalla wa A’la segera memenangkan para Mujahidin dan memerdekakan negeri Palestina dari penjajahan israel serta menghancurkan penjajah israel bersama para sekutunya ke lembah kehancuran yang paling rendah di dunia ini… Aamiin yaa Rabbal ‘Aalamiin.

Nasrun minallohi wa fathun qoriib, Barokallohu Fiikum wa Nafa’a bikumul Islam wal Muslimin.

 

Aksi yang berjalan dengan lancar, itu selesai pada menjelang shalat Maghrib. Para Peserta aksi berlanjut buka puasa (Iftar) bersama di masjid agung al-ukhuwah kota bandung serta melakukan shalat berjamaah.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button