DaerahKronikPeristiwa

Ngabuburit Di Monumen Arek Lancor Pamekasan, AHY: Lestarikan Terus Budaya Lokal

Ngabuburit Di Monumen Arek Lancor Pamekasan, AHY: Lestarikan Terus Budaya Lokal

 

Oleh : Herzaky Mahendra Putra
(Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP/Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat)

 

Jakarta, 13 April 2023

 

Panasnya terik mentari kota Pamekasan tak menyurutkan niat ribuan masyarakat berbondong-bondong datang ke Monumen Arek Lancor, untuk bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Rabu (12/4) sore.

“Saya datang sudah dari siang ini, meskipun puasa dan panas terik tetap semangat nggak mau kelewatan mumpung Mas AHY ke kota kami,” kata salah satu ibu-ibu dengan semangat.

Selain disambut ribuan masyarakat, AHY juga disambut ratusan personil pemusik Ul Daul khas Madura yang membuat AHY terkesima.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Bendahara Umum DPP Partai Demokrat Renville Antonio, Sekretaris DPD Jawa Timur Reno Zulkarnaen, Ketua DPC Demokrat Pamekasan Ismail, serta politisi muda Annisa Zhafarina Qosasi, tampak hadir dalam acara tersebut

“Terima kasih atas kebersamaan ini. Saya berbahagia sekali hari ini bisa datang kembali ke Madura khususnya di Kabupaten Pamekasan. Luar biasa saya benar-benar bisa merasakan betapa gegap gempitanya acara sore hari ini di Alun-alun Arek Lancor. Sambil kita menikmati festival yang khas Madura, yang khas Pamekasan yaitu festival musik Ul Daul, ini sesuatu yang luar biasa pengalaman tersendiri bagi saya,” kata AHY tak kalah semangat.

AHY pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan, ia naik ke panggung musik Ul Daul dan menabuh perkusinya. Aksi AHY tersebut sontak membuat masyarakat semakin antusias.

AHY menilai musik Ul-Daul ini wajib dilestarikan ke depan, karena kekhasannya dan patut menjadi kebanggaan masyarakat Madura.

“Saya senang sekali melihat anak-anak muda bersemangat sekali menabuh alat musik. Hal ini menambah spirit kita hadir di sini,” ungkapnya.

Secara spontan, tiba-tiba salah satu kelompok pemusik yang menjadi juara pertama dalam festival UI Daul ini bernyanyi riuh. “Kita dukung Mas AHY. Kita dukung Partai Demokrat.”

Saat memberikan sambutan, AHY juga sempat menyinggung sedikit sejarah tentang Arek Lancor, sebagai simbol keberanian masyarakat Madura.

“Arek Lancor itu monumental sekali dan menunjukkan bahwa masyarakat Madura terkenal berani, terutama dalam menjaga kehormatan dirinya dan haknya. Itulah yang kita perjuangkan ke depan,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu AHY juga membagikan 1.500 sembako kepada masyarakat tidak mampu yang hadir. AHY juga menyapa puluhan pengemudi becak-motor (bentor) dan memberi bantuan.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan semoga ekonomi kita ke depan cepat bangkit,” tutup AHY.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button